Panduan cara list building dengan email

Cara list building

Mungkin kata-kata cara list building sudah tidak asing lagi bagi para pelaku internet marketing, dimana kita membangun database email untuk kita kumpulkan dan nantinya kita bisa berbagi tips sharing dan lain-lain khusus hanya kita bagikan lewat email tersebut.

Baca juga : Pengetahuan dasar tentang list building

Mengapa anda harus membangun database email atau list building, ini sudah pernah saya bahas diartikel ini. membangun list itu sebenarnya mudah kalau anda tahu caranya anda bisa belajar langsung dari ahlinya. berikut adalah langkah-langkah cara list building email

Sewa Layanan Autoreponder

Untuk membangun list memang diperlukan sebuah autoresponder, terkadang untuk pemula terkendala untuk membayar atau menyewa layanan autoresponder dirasa berat, memang kalau anda serius dibisnis online ada modal atau investasi yang harus anda keluarkan, karena bisnis online sama saja dengan bisnis offline.

Saya awal-awal membangun list menggunakan layanan dari profit sender karena layanan ini biayanya perbulan akhirnya saya berpindah kelayanan autoresponder lain  yaitu rapidresponsebot biaya hanya 1 kali bayar alias life time dan jumlah subscribenya unlimited terakhir saya kemaren mendaftar harganya 97$ untuk lifetime

Baca juga : Review layanan autoresponder Terbaik

Sewa hosting dan domain

Tahapan selanjutnya adalah sewa hosting dan domain untuk meletakkan file squeeze page dan tempat untuk mengarahkan traffic ke squeeze page. Squeeze page adalah halaman yang berisi penawaran dan tempat untuk memasukkan nama dan email prospek.

Jika anda sudah mempunyai hosting sebelumnya, anda bisa menggunakan hosting tersebut anda cukup membeli alamat domain baru saja. Karena ukuran file halaman squeeze page biasanya tidak terlalu besar

Membuat Squeeze page

Setelah anda memiliki layanan autoresponder, tentunya anda membuat halaman squeeze page seperti ini atau seperti ini. Membuat halaman squeeze page itu mudah hanya mengganti kata2 dan mengedit kode tombol button html squeeze page, Yang terpenting adalah desainnya menarik dan enak dipandang mata.

Kemudian jangan lupa copywriting bagaimana anda membuat tulisan pada squeeze page yang menarik dan membujuk orang tersebut untuk memasukan nama dan email mereka, anda bisa menawarkan penawaran seperti : ebook, kupon diskon, software, tips dan tutorial

Baca juga : Apakah penawaran anda ada diskon, bonus dan terbatas

Untuk mengeditnya bisa menggunakan notepad++ atau dreamweaver saya biasanya menggunakan dreamweaver. Next time kalau ada waktu nanti akan saya buatkan tutorialnya.

Untuk contoh desain anda bisa email ke saya, nanti akan saya kasih contoh desain squeeze page seperti itu.

Baca juga : Gratis themes wordpress untuk membuat sales letter atau squeeze page

Setting Autoreponder dan buat content email

Untuk setting autoresponder biasanya sudah disediakan oleh pemilik layanan autoresponder bisa berupa ebook ataupun video anda cukup mengikuti saja panduan tersebut. Secara garis besarnya kita hanya mensetting bagian-bagian seperti : pesan email pertama untuk konfirmasi, pesan email follow up, halaman redirect konfirmasi dan halaman sukses sign up.

Untuk isi atau content email anda bisa copy paste dari marketer-marketer lain, tentunya kata-kata didalamnya harus di ubah buatlah kata-kata menarik dengan kreatifitas anda, anda bisa melihat contoh email saya dengan cara subscribe disini.

Promosikan Squeeze page

Lalu selanjutnya apa ? ya alirkan traffic ke squeeze page anda bisa menggunakan cara-cara berikut :

  • Cara gratis : dengan posting di sosial media, seo, berkomentar di blog orang lain.
  • Cara berbayar : dengan iklan berbayar seperti : fb ads, adwords, youtube ads, banner blog dan lain-lain

Baca juga : Dua cara ampuh mendatangkan traffic yang harus anda ketahui



Leave a Comment